Sistem Peredaran Darah

SISTEM PEREDARAN DARAH

Peredaran darah manusia merupakan peredaran darah tertutup karena darah yang dialirkan dari dan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan darah mengalir melewati jantung sebanyak dua kali sehingga disebut sebagai peredaran darah ganda. Macam-macam sistem peredaran darah pada manusia beserta penjelasannya akan dijelaskan sebagai berikut.
1.    SISTEM PEREDARAN DARAH BESAR (SISTEMIK/SIRKULATORIA MAGNA)
Sistem peredaran darah besar (sistemik/sirkulia magna) adalah peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari bilik (ventrikel) kiri jantung lalu diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen bertukar dengan karbondioksida di jaringan tubuh. Lalu darah yang kaya karbondioksida dibawa melalui vena menuju serambi kanan (atrium) jantung.
2.    SISTEM PEREDARAN DARAH KECIL/PULMONAL
Sistem Peredaran darah kecil (pulmonal) adalah peredaran darah yang mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Darah yang kaya karbondioksida dari bilik kanan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis, di alveolus paru-paru darah tersebut bertukar dengan darah yang kaya akan oksigen yang selanjutnya akan dialirkan ke serambi kiri jantung melalui vena pulmonalis.
Gambar 20. Sistem Peredaran Darah pada Manusia
Gambar 21. Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil

3.    SISTEM VENA PORTA
Sistem vena porta yaitu vena dari suatu alat tubuh sebelum menuju ke jantung mampir dulu ke suatu alat. Pada manusia dan mamalia adalah sistem vena porta hepatica, yaitu darah dari usus sebelum ke jantung mampir dulu ke hati.

0 komentar: